Rabu, 18 September 2013

Review Gaming Mouse: Armaggeddon Mikoyan FoxBat


Armaggeddon merupakan salah satu perusahaan gaming equipment yang cukup terkenal, karena memiliki memiliki produk dengan kemampuan yang baik dan harga yang miring. Salah satunya adalah mouse Armaggeddon Mikoyan FoxBat.

Berhubung ini cuman mouse pinjaman, jadi aku gak bisa ngasih liat gambar box nya pas dibeli :D Tapi tenang aja, hal itu gak akan mempengaruhi review kita pada produk satu ini.

Seblum aku memberi kesimpulan ku pada barang yang satu ini, ada baiknya kita melihat lebih dahulu, seperti apa sih mouse ini menurut produsennya.

"The Mikoyan FoxBat is the first of our fighter-jet-inspired ‘Survivor’ series of mice. This range of mice focuses on the essential needs of gamers with relatively simplistic styling. The FoxBat operates on a reliable optical engine with a 4-level adjustable CPI system. The 4-level CPI adjustments between 400-3200CPI can be easily identified by the light indicator in the middle. With 5 Macro-able buttons and a 2-way scroll, users can save up to 7 different macros in each of the 3 profiles. This information is stored in the FoxBat’s onboard memory which enables users to use their preferred settings on different computers without the reinstalling software or reconfiguration. The FoxBat is a relatively low-profile ambidextrous mouse, suitable for most gamers.
9 Level Weight Management – The 9-level weight management system will excite even the most ardent gamer as it will help hone your gaming endurance and skill.
On-the-fly adjustable CPI button – The on-the-fly adjustable CPI button boasts an impressive range of 4 options – 400/800/1600/3200 CPI. This option gains the user greater control and awareness of the speed of the mouse cursor even midway through their game. The light indicator ensures that you are always aware of an in control of the sensitivity of your mouse.
Design Utility – The pulsating LED light ensures suitable vision in the dark, without being in your face. Equipped with a 1.8m durable nylon cord and Teflon footpads, it gives you movement flexibility that you dream of.  Further, in order to facilitate long-term utility from this mouse, it comes with additional Teflon footpads. This mouse also comes with a rubberized coating so that its grip is more comfortable for the user.
Customizability – Truly customizable, this mouse comes with a 6 macros programmable button and an onboard memory of 64KB.  All this and the 2-way click scroll ensure that with the Mikoyan FoxBat; it’s your game, on your terms."

Dan berikut adalah spesifikasi teknis dari mouse ini:
  • Mouse Size: 123(L) X 70(W) X 38(H)mm
  • PixArt Optical sensor: PAW3305DK
  • 6 Programmable button gaming class optical mouse
  • On-the-fly adjustable CPI button: 400/ 800/1600/3200cpi
  • Adjustable polling rate (/second): 125/ 500/ 1000Hz
  • Frame rate: 3600fps
  • Acceleration: 30G
  • High performance tracking speed: up to 70 inches per second
  • Macro-able™ gaming mouse with 64KB on-board memory
  • 9-level weight adjustable system (9pcs/weight)
  • Pulsating LED light effect
  • Ultra-durable nylon cord
  • High quality Telfon foot pad

Dan ini dia mouse nya.. (karena fotonya pake kamera hp standar, hasilnya kurang memuaskan T_T.., tapi lumayanlah)


Desain mouse yang sisi sebelah kiri dan kanannya agak menjorok ke dalam, menjadikan tempat bersandar yang nyaman untuk jari jempol saat kita menggunakan mouse ini.

  
 
Mouse ini juga bisa digunakan oleh teman-teman yang menggunakan tangan kiri, tapi harus mengorbankan dua tombol tambahan, karena pada sisi kanan tidak tersedia.


Dua tombol tambahan pada sisi kiri mouse, tombol Back dan Next, yang juga sangat berguna saat kamu sedang memainkan game. Tinggal disetting di game nya aja.

  

Lampu LED nya juga memiliki efek pulse (nyala - mati), sehingga tampak keren.


  

Perbandingan ukuran dengan mouse standar dari Logitech.

 

Ini adalah tampak bawah dari Mikoyan FoxBat. Mouse ini menggunakan optical sensor dengan tingkat akurasi mencapai 3200 DPI. Juga bisa dilihat foot pad pada mouse nya dipinggir mouse ini.


 Gold plated USB connector menjadikan tampilan mouse ini sedikit lebih baik. Sama sekali tidak ada perbedaan performa dengan USB yang menggunakan silver. Kabel nilon cord sepanjang 175 cm juga cukup baik dan memberikan efek "mahal" pada mouse ini.

Tombol CPI pada mouse berfungsi untuk mengganti DPI pada mouse saat digunakan. Ada 4 setting yang bisa digunakan, yaitu 400, 800, 1600, dan 3200.


Lampu dibawah tombol CPI mati menunjukkan mouse sedang menggunakan 400 DPI, yang cocok digunakan saat kita sedang melakukan "sniping" dalam game fps.


 Berwarna merah, berarti mouse sedang bekerja dengan kecepatan 800 DPI.


Kuning, menandakan mouse ini sedang beroperasi pada level 1600 DPI



Yang terakhir, warna hijau . Menunjukkan bahwa mouse ini sedang bekerja dengan 3200 DPI. Sangat sensitif.


Mouse ini memiliki 9 pin pemberat, yang masing-masing berbobot sekitar 2,7 gram. Kamu bisa menyesuaikan berat mouse sesuai dengan keinginan dan kenyamanan kamu.



Pemberat yang dapat diatur sesuai keinginan.

Itu dia dari segi fisik - penampilan mouse ini. Sekarang, ayo kita bahas performa nya.

Sebenarnya, membahas performa dari sebuah mouse agak sulit. Karena setiap orang memiliki taste dan kebiasaan memegang mouse yang berbeda. Denga ukuran mouse yang cukup besar, tampaknya mouse ini cocok untuk kamu yang tipe palm grip, atau yang menempelkan seluruh jari pada punggung mouse. Namun aku yang merupakan tipe claw juga nyaman aja sih.

Kalau menurutku sih, tombol CPI nya agak jauh dari jangkauan jari, sehingga rada sulit untuk mengganti DPI saat bermain game, apalagi jika sedang dalam kondisi seru.

Satu lagi yang tak kalah penting, sesuaikan berat mouse dengan keinginan mu. Munurutku, menggunakan semua permberat malah membuat tangan cepat lelah saat main game. Oleh karena itu, sesuaikan berat mouse nya terlebih dahulu. Coba-coba aja seberapa berat yang pas dengan kamu.

Aku mencoba mouse ini pada game Call Of Duty : Modern Warfare 3, Far Cry 3, dan juga Dota 2. Mouse bekerja sempurna pada COD dan Dota, namun pada Far Cry 3, tombol 4 dan 5 (2 tombol tambhan di sisi kiri mouse) tidak terdeteksi.

Kesimpulan ku, dengan banderol sekitar Rp 250.000, mouse gaming entry level ini sangat cocok dengan kamu yang mencari mouse gaming dengan budget yang terbatas. Performa yang sangat baik ini juga mungkin dapat menyaingi beberapa mouse gaming yang harganya lebih mahal.

Sekian review dari saya, sampai jumpa di review berikutnya :D

4 komentar:

  1. gan, lu tau ga bedanya CPI sama DPI?
    gua bingung ni, banyak yg nawarin CPI tapi gua lebih familiar ke DPI

    BalasHapus
    Balasan
    1. CPI dan DPI merupakan dua hal yang sama. Cuma namanya aja yang beda. CPI (counts per inch) lebih tepat digunakan pada istilah mouse dibanding DPI (dots per inch) yang biasanya digunakan di dunia percetakan. Ane pake istilah DPI soalnya lebih familiar aja :D

      Hapus
  2. itu belinya dimana gan?

    BalasHapus
  3. Di toko komputer terdekat saja. Kalau mau cari online, bisa cari di rakitan.com atau rakitonline.com

    BalasHapus