Jumat, 03 Agustus 2012

Review dan Testing Modem Smartfren CE81B Evdo Rev. B

Hai bro and sist. Sudah lama gak update blog ini.. Last update bulan April kemaren.. T_T

Oke lah, comeback saya ditandai dengan review modem baru yang saya beli. Sesuai judulnya, saya akan mereview modem Smartfren CE81B yang mendukung koneksi Evdo Rev. B.

Modem HR950B

Banyak orang mengatakan bahwa Smartfren adalah "pembual". Saya setuju, tapi tidak sepenuhnya setuju juga. Kenapa? Simak artikel ini. O iya, test nya dilakukan di Kota Malang, Jawa Timur.



Product Review:

So here it is. Kita liat liat dulu ya, seperti apa sih modemnya. Start from the box. Download up to 14.7 Mbps. Silly, right?


Dan ini tampilan belakang boks nya.. Nothing useful, actualy..


Boksnya dibuka, Anda akan melihat cara registrasi dan kode aktivasi modem Anda, dan tentunya modemnya :)


Dan isinya
  • Modem CE81B
  • Buku manual
  • Panduan registrasi
  • Syarat dan ketentuan
  • Kartu Garansi

Ukuran modem ini sedikit lebih besar ketimbang modem Smartfren yang sudah "terkenal' lebih dahulu, Smartfren AC682. Ukuran modem ini 8cm x 2,2cm x 0,6 cm (p x l x t)



 Ketika casing modemnya, Anda akan melihat kartu Smartfren Anda dan slot microSD. Yups, masukkan micro SD kamu, dan modem ini juga bisa berjalan seperti flashdisk. Modem ini Locked, jadi Anda tidak bisa menggunakan provider lain.



Dan.. enough with the producct view, lets jump in into the benchmark.. :)

Hasil dari speedtest.net memang cukup membingungkan..


Tapi hasil speedtest dari Telkom berkata lain



Dan ini adalah real life test, download video dari youtube dengan bantuan IDM


Yups, thats the result.

Kesimpulan yang dapat saya tarik, modem ini mempunyai download speed yang kencang. Tapi yang membuat saya ukup heran, kemampuan browsing nya tidak secepat download speednya. Itu adalah salah satu kejadian yang membuat saya bingung. Dan kecepatan yang didapat juga tidak selamanya cepat, namanya juga broadband. Tergantung lokasi dan waktu penggunaan internet. Saya melakukan test ini pada pagi hari jam 9.

Bagaimana pendapat teman-teman? Kalau berminat beli modem ini, pastikan tempat kamu berada sudah termasuk area Evdo Rev. B di sini.

Kalau ada pertanyaan, silahkan komen. Akan saya jawab sebisanya.

20 komentar:

  1. kalau modem smartfren yang adiknya punya mu di makassar rata-rata 50-80 Kb/detik. tapi kalau three mantaap coy, saya pake Nokia C5 + opera mini handler + kartu three mantap. download sampai 350Kb/detik. sudah kencang, gratis lagi :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kan tergantung lokasi dan jumlah pengguna,, di Malang yang pake smartfren berjubel, jadi rebut sinyal

      Hapus
  2. saya pakai modem yang sama di malang juga daerah alun2.. memang betul kalau untuk download ngacir, tapi kalau buat browsing lemot banget malah gak jalan samasekali... saya kira cuma saya yang ngalami ini, kira2 solusinya gimana nih brow??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kadang mengalami hal yang sama, namun hanya sesekali dan tidak lama. Apakah selalu seperti itu atau pada jam tertentu saja? Mungkin ada masalah jaringan (kalo menurut saya).

      Hapus
  3. Alhamdullillah saya pakai modem smartfren udah cukup buat kebutuhan sehari-hari, 1 modem saya share ke 5 kompi pake hub jaringan tapi ya tetap ngacir aja.. rahasianya saya pake antena gabungan wajan bolik di konvigurasikan ama yagi jadi 2 antena pasang sekaligus. eh malahan jadi warnet sekarang modal pulsa 100 ribu malah jadi 1juta lebih gitu

    BalasHapus
  4. jadi pengen beli modemnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting pastikan dulu jaringan smartfren di daerah kamu udah dukung jaringan Evdo rev B. Trus kalau bisa cari tahu pengalaman orang lain disekitar tempat kamu tinggal tentang modem ini. Soalnya meski di kota yang sama, namun performanya tetap berbeda. Ada tempat yang kencang, ada juga yang leletnya minta ampun, padahal di kota yang sama. Semoga membantu.

      Hapus
  5. letak DNS modem smartfren ce81b dimaa sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh maap gan, aku juga belum ngerti. Ntgar kalau udah tau aku infokan deh. Thanks.

      Hapus
  6. saya baru pake samrtfren CE81B, masalahnya adalah setiap PC dinyalakan modem tidak bisa konek harus dicabut dulu dari PC kemudian dicolokin kembali baru bisa di konekan ke internet.

    setingannya gimana ya supaya modem tidak usah dicabut-colok jadi pas pc nyala dan jika dikonekan bisa langsung nyambung ke internet tidak usah dicabut dulu?
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe permasalah kita sama gan. Aku juga belum nemu solusinya. Kalo ada yang tau jangan segan2 berbagi info ya. Thanks.

      Hapus
  7. Salam ak kasih tips aja klo beli modem smartfen type ce81b /ac81b jika krtu bawaannya masih smart .. datang aj ke galeri smartfren untuk minta di uprade kartu biar internetx stabil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow nice info gan. Thanks ya udah share.

      Hapus
  8. Mas, Klo ngatur DNS modem ini Gimana..???

    tolong Pencerahannya....

    BalasHapus
  9. for Kasmini::> Kalok pingin modem tidak usah dicabut-colok pas pc nyala... ya tinggal clik ja shortcut di deskstob nya.... gampang kann.... :P

    add me.. 766BC233

    BalasHapus
  10. dapet kecepatan download segitu saat masih dapet gratis data atau selepas gratis data mas?? biasanya kan cuma dapet kenceng sewaktu baru dan masih gratis ngenet waktu awal aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalamn ku sih, gratis atau tidak tidak mempengaruhi, Kecepatannya tetap. Yang mempengaruhi keceptan lokasi agan aja. kalau lokasi oke, koneksi oke.

      Hapus
  11. ada tutol untuk unlock modem ini gak min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau ane smartfren yang bisa di unlcok tuh yang merek huawei, gan :D
      kalo yang ini kan merek haier, tapi ana belum pernah dengar modem ini bisa di unlock. Jadi setau ane gak bisa gan.
      Tapi kalo ada yang tau bisa langsung komen aja :D Semoga membantu bro :D

      Hapus
  12. hahah ternyata emang kaya gitu kali ya modemnya ane juga sama kalu buat ngedownload fullspeed tapi kalu buat browsing aduh lemot banget dah ane kira rusak prosesor komputer nya yang rusak

    BalasHapus