Senin, 08 Agustus 2011

Desain Air Cooling Terbaru

Iih... bosannya gak ngapa-ngapain... Sambil nunggu waktu berjalan, mending nulis di blog aja.

Ketika sedang membalik halaman majalah Chip saya, saya tertarik dengan sebuah artikel mengenari terobosan dalam air cooling.

Sandia National Laboratories baru saja mengeluarkan teknologi terbaru dalam sistem pendingin yang diyakini akan membawa terobosan dalam sistem pendinginan udara (air cooling).


Mekanisme pada metode Sandia Coller atau dikenal dengan sebutan "Air Bearing Heat Exchanger" ini adalah panas secara efektif ditransfer dari dasar permukaan melewati celah yang sangat kecil menuju kipas yang dirancang khusus hingga menuju bagian atas. Efektivitas pendinginan dan ketebalan sistem pendingin (dari dasar hinggake permukaan kipas) yang dapat dibuat lebih tipis bisa dicapai berkat penerapan efek centrifugal pumping. Selain lebh efektif, desin kipas yang aerodinamis membuat pengoperasiannya lebih senyap.

Nah, kita tunggu saja apakah air cooling terbaru ini akan muncul dipasaran? Dan bagaimana dengan performanya? Jadi penasaran...

Nah seperti ini dia gambarnya. tapi saya masih belum ngerti, coolernya yang mana? Mungkin gampbar difoto itu masih prototipe. Jadi kita tunggu saja jika teknologi ini di rilis ke pasaran.


sumber: chip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar