Sabtu, 15 Februari 2014

Review: CM Storm Spawn Gaming Mouse



Dunia teknologi PC berkembang dengan sangat pesat, mulai dari perangkat keras, maupun prangkat lunaknya. Salah satu yang berkembang cukup baik adalah mouse. Yang dulunya warna abu-abu, pakai trackball, sekarang udah digantikan dengan optical sensor ataupun laser, mouse dengan cahaya LED untuk mempercantik, bahkan ada juga mouse yang punya LCD kecil (?!). Kali ini saya akan review sebuah mouse gaming yang cukup modern, tapi dengan tampilan yang tetap sederhana. Mau tahu seperti apa?

CM Storm merupakan bagian dari perusahaan Cooler Master yang fokus pada perangkat gaming. Ada casing, headset, keyboard dan mouse. Salah satunya adalah CM Storm Spawn ini. Mouse ini memiliki bobot yang cukup ringan, desain yang ergonomis -yang berarti cocok hanya untuk satu tangan saja, yaitu tangan kanan-, juga didesain khusus bagi kamu pemain FPS yang menggunakan tipe claw. Ada yang bertanya apa itu tipe claw. Silahkan baca artikel di website resmi Razer berikut ini agar kamu bisa tahu, apa-apa saja tipe pengguna mouse.

Mouse ini hadir dengan tingkat sensitivitas yang cukup tinggi, yaitu 3500DPI. Ada 3 settingan yang bisa dipilih, yaitu 800, 1800, dan 3500 DPI yang bisa diganti on the fly, yang maksudnya bisa kamu ganti kapan saja dengan dua tombol yang tersedia di bawah scroll button. Mouse ini juga diklaim mampu menahan sebanyak 5 juta klik karena menggunakan Omron Micro Switches.

Dan ini dia spesifikasi teknis CM Storm Spawn:

DPI Display                      3500 DPI Optical sensor
                                     800, 1800, and 3500 DPI Presets
Memory                          32 kb
Programmable Buttons     7
Max Speed                       60 IPS
Polling Time                     1000 HZ
Response Time                 1ms
Maximum Acceleration     20G
Cable Length                   2m
USB                               Gold-plated
Full Speed USB                 Yes
Software                         Included

Dan beberapa fitur yang disematkan pada mouse ini:
- Anti-Drift Control Sensor
Fitur ini menawarkan stabilitas mouse yang tinggi. Fitur ini juga mampu menghilangakan gerakan yang tidak dibutuhkan ketika mouse diangkat dan diletakkan kembali. Dan juga dapat membantu meninggkatkan akurasi gaming kamu.
- Onboard Sentinel- X 32 KB
Dengan fitur ini kamu dapat menyimpan settigan mouse favoritmu langsung ke dalam mousenya, sehingga settingan nya pun bisa langsung digunakan (plug & play)
- Omron Micro Switches (5 Million clicks)
Dengan menggunakan teknologi micro switch yang sudah dipatenkan Omron, mouse dapat menghasilkan minimal 5 juta klik yang menjadikan umur mouse ini lebih panjang dan meningkatkan durabilitas mouse ini.
- Japanese-Made Ultra-Step Wheel Encoder
Scroll wheel dengan akurasi tinggi yang menghasilkan kontrol yang lebih baik dan lebih presisi
DPI On the Fly
Ganti DPI mouse ini hanya dengan meng-klik tombol ynag ada dibawah scroll wheel
- Superior Anti-Slip Rubberized grip Design
 Anti keringat dan anti slip, penempatan rubber grip tebal pada kedua sisi mouse menjadikan mouse ini memiliki grip yang sangat baik.

 Dan ayo kita lihat mouse nya :D

 Ini dia tampak depan boks mouse nya

Tampak belakang boks mosue nya, bisa kamu liat spesifikasi nya.


Mouse ini dilengkapi dengan Quick start guideline, namun saya ng tidak dilengkapi dengan cd untuk program Storm Spawn, tapi bisa kamu download di website remsi Cooler Master.

Tampak depan dari CM Storm Spawn. Desain yang menarik, bukan?


Kabel dengan Gold-plated USB. Panjang kabelnya sendiri mencapai kurang lebih 1,5 meter.

Mouse ini dilengkapi karet disisi kiri dan kanan nya, yang membuat mouse ini sangat nyaman saat digenggam dan meningkatkan grip mousenya. Oiya, mouse ini juga untuk kamu yang menggunakan tangan kanan, bisa dilihat dengan tidak adanya tombol tambahan di sisi kanan.


Tampak depan. Keren kan? :D

Berikut adalah beberapa gambar dengan tangan saya menggenggam mouse ini.

Ini ketika kamu seorang palm grip. Mungkin mouse ini tidak terlalu cocok, karena mouse ini memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil, apalagi jika kamu memiliki tangan yang cukup besar.

Dan ini dia mengapa mouse ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik untuk claw grip. Mouse yang berukuran kecil direkomendasikan bagi kamu yang bertipe claw grip. Cekidot gambarnya. Sangat pas ditangan saya ketika digunakan dengan tipe claw grip.

Sisi kanan mouse yang agak menjorok kedalam berguna sebagai dudukan jari manis, dan menambah grip kamu ketika menggunakan tipe claw. Sisi karet di kiri dan kanan juga tidak hanya meningkatkan grip, tapi juga menambah kenyaman kamu.
 
 
Ini adalah tampak bawah mouse ini. Dua dudukan mouse yang terbuat dari Teflon. Dan juga optical sensor yang terdapat ditengah. Ada 3 settingan sensor yang dapat digunakan, 800, 1800 dan 3500 DPI.


Nah, itu dia untuk sesi foto-fotonya. Sekarang, kita beralih ke pembahasan performance.
Mouse ini nyaman ditangan, apalagi ditangan yang cukup besar seperti tangan saya. Kelima jari tangan kita berada di tempat yang tepat, sehingga sama seklai tidak mengganggu ketika digunakan.

Untuk pengopereasian semua berjalan dengan baik. Mulai dari penggunaan standar seperti navigasi di Windows, browsing, office, editing, semua berjalan dengan sangat baik. Mouse ini sangat akurat. Tombol-tombol yang ada juga diletakkan dengan posisi yang sangat baik dan mudah dijangkau.

Untuk gaming, mouse ini sangat akurat. Mulai dari game FPS, TPS, hingga MOBA sekalipun telah saya coba, dan semua berjalan dengan sangat baik. Contoh saya memainkan Metro Last Light (FPS) dengan mouse ini. Atur DPI sesuai kondisi yang ada, dan kamu bisa menembak semua mush dengan akurat. Dengan bantuan software untuk mouse ini (yang bisa kamu download di situs resminya), kamu dapat men-setting mouse ini sesuai dengan keinginan mu. Sky is the limit :D


Kesimpulan yang bisa saya tarik, design sederhana namun sangat menarik, tombol yang tidak terlalu banyak, namun cukup untuk semua. Sangat nyaman digunakan, dan akurat saat digunakan bekerja ataupun bermain. Mouse ini dibanderol dengan harga ~Rp 350.000,- 

2 jempol untuk mouse ini :D

+ Design menarik

+ Nyaman di tangan, terutama jika ukuran tanganmu cukup besar
+ Tidak banyak tombol, sehingga tidak membingungkan saat digunakan
+ Software Spawn Gaming Mouse yang tersedia cukup membantu untuk melakukan settingan tambahan
+ Akurasi yang sangat baik

- Tidak terlalu cocok bagi kamu yang bertipe palm grip

- Kabel yang digunakan masih kabel plastik, tidak menggunakan braided cable, seperti pada mouse gaming lainnya
- Tulisan CM Storm pada mouse mulai pudar setelah penggunaan yang cukup lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar