Senin, 21 Desember 2015

Review Audio Technica M50X

Review Audio Technica M50X

Balik lagi ke blogging dengan review headphone Audio Technica M50X. Bagi teman-teman yang sudah akrab dengan dunia audio, mungkin teman-teman sudah pasti tahu atau pernah mendengar tentang headphone yang satu ini. ATH M50X mendapat banyak review positif dari berbagai review di dunia karena harganya yang cukup bersahabat dipadukan dengan kualitas audio yang diberikan. Hm, apakah benar? Ayo kita lihat bersama.


Audio Technica M50X merupakan generasi penerus dari versi sebelumnya yang juga mendapat banyak review positif, Audio Technica M50. Headphone yand ditujukan untuk kalangan profesional di dunia audio ini juga cukup populer di kalangan umum. Mari kita lihat apa yang kita dapat ketika kita membeli headphone ini.












ATH M50X merupakan over-ear headphones yang ukurannya cukup besar. Namun saya sendiri tidak pernah merasa terganggu ketika menggunakannya, karena ukuran kepala saya yang juga agak besar. 



Bahan yang digunakan kebanyakan menggunakan material plastik, namun terasa sangat kuat dan tidak akan mudah rusak. Headphone ini sudah beberapa kali jatuh dari atas meja saya (tidak sengaja tentu saja), namun sama sekali tidak ada masalah di kondisi fisik headphone ini. Headband nya menggunakan material besi, sehingga menambah kekuatan headphone ini. Design headphone ini juga terlihat cukup bagus, saya pribadi menyukainya. 



Salah satu peningkatan yang paling terlihat pada Audio Technica M50X dari generasi sebelumnya adalah sekarang Audio Technica M50X memiliki kabel yang bisa di lepas. Meskipun menggunakan jack 2.5 mm, namun jack nya menggunakan mekanisme kunci secara diputar, sehingga kita tidak bisa menggunakan semua jack 2.5 mm yang ada.


Namun masalah ini teratasi dengan 3 buah kabel yang telah disediakan saat kita membeli headphone ini. Ada kabel 3 m lurus, 3 m coiled, dan 1.2 m untuk penggunaan portable. 




Saya sendiri lebih senang menggunakan 3m coiled cable saat menggunakan headphone ini di rumah dan yang 1.2m portable saat digunakan di luar. Headband nya juga memberi tekanan yang pas pada kepala, sehingga membuat headphone ini cukup nyaman digunakan dan tidak mudah lepas saat kepala bergerak. Ear pads cukup besar juga membuat telinga kita tidak kepanasan, dan nyaman saat digunakan. Headphone ini juga bisa dilipat, sehingga memudahkan saat dibawa kemana-mana. Noise isolataion nya juga cukup baik, suara dari luar tidak terlalu mengganngu saat kita mendengar musik meski masih dapat sedikit terdengar.



Berhubung saya belum pernah mencoba headphone profesional sebelum nya, saya hanya bisa bilang Audio Technica M50X memiliki kualitas audio yang fantastis. karena ini headphone untuk monitoring di studio, maka headphone ini memiliki karakteristik suara yang cukup flat, dan saya sendiri senang dengan itu. Tetapi headphone ini juga memiliki bass power, tetapi masih dalam tingkat yang wajar sehingga tidak mengganggu keseimbangan suara yang dihasilkan. Treble yang dihasilkan juga sangat detail, namun tetap mulus sehingga menghasilkan suara yang jernih, bersih dan akurat. Saya sendiri sangat suka dengan karakter suara yang dihasilkan. Lows yang cukup, namun tidak berlebihan, mids nya sangat seimbang, dan highs yang sangat jernih. Saat mendengar musik, notnon film, dan main game, suara yang dihasilkan memiliki detail tinggi, dan bass yang cukup dalam memberi extra impact sat nonoton film dan main game. Tetapi extra-bass yang ada pada headphone ini mungkin tidak terlalu cocok jika digunakan untuk penggunaan profesional, karena tidak menghasilkan suara yang 100% akurat.

Nah untuk penutup, apakah harga headphone ini sesuai dengan performa yang diberikan? Di Bhinneka.com, Headphone ini dijual dengan harga Rp 2.075.000. Sebuah harga yang cukup fantastis, apalagi jika anda bukan lah seseorang yang akrab dengan bidang audio dan peripheral nya. Contoh nya saya. Saya bukan lah seseorang yang akrab di bidang audio, namun saya suka memanjakan telinga saya dengan kualitas audio yang tinggi, dan Audio Technica M50X benar-benar memberikan nya. Kualitas suara yang luar biasa, bahkan beberapa reviewer mengatakan kualitas nya setara dengan headphone yang harganya jauh lebih mahal. Ditambah dengan kualitas body yang kuat, nyaman digunakan, design yang cukup bagus, dan aksesoris yang cukup lengkap, saya rasa uang yang anda keluarkan tidak akan sia-sia dan akan terbayar tuntas dengan kualitas yang anda dapatkan. Semoga membantu, sampai jumpa di review berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar