Selasa, 15 Februari 2011

Qualcomm Ungkap Prosesor Snapdragon 2,5 GHz

Prosesor 1,2 GHz yang dianggap paling cepat saat ini belum apa-apa dibandingkan dengan prosesor yang baru saja diungkap Qualcomm. Perusahaan cip asal Amerika Serikat itu, Senin (14/2/2011), mengumumkan prosesor Snapdragon generasi barunya berkecepatan 2,5 GHz.

Prosesor tersebut dibangun dengan chipset berkode nama Krait dengan teknologi 28 nanometer. Akan tersedia pilihan prosesor dengan satu core, dua core, atau empat core. Masing-masing telah mendukung WiFI, GPS, Bluetooth, FM, NFC, serta foto dan video stereoscopic 3D. Di dalamnya telah dilengkapi prosesor grafis Adreno 320 yang mendukung empat core 3D.

Dengan kecepatan tinggi, kinerja prosesor tersebut diklaim 150 persen lebih tinggi. Daya yang dikonsumsi pun jauh lebih hemat hingga mencapai 65 persen prosesor berbasis ARM yang ada saat ini.

"Seperti halnya Snapdragon generasi awal yang merevolusi smartphone dengan prosesor berkecepatan 1 GHz, generasi terbaru Snapdragon juga akan merevolusi gelombang baru dunia komputasi dan hiburan," kata Steve Mollenkopf, Executive Vice President and Group President Qualcomm dalam rilis persnya.

Sampel prosesor model MSM8960 dengan dual core mulai tersedia pada kuartal kedua tahun ini. Model MSM8930 yang menggunakan core tunggal dan model APQ8063 dengan empat core baru akan tersedia tahun 2012. Prosesor empat core dirancang untuk perangkat multimedia termasuk tablet.

sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar